Kenapa Mengantuk Setelah Makan Siang?



Hampir semua dari kita pasti pernah merasa ngantuk, lemas dan keinginan untuk tidur setelah melewati jam makan siang. Lalu apakah faktor penyebabnya?

Dikutip dari Times of India, nutrisionis Luke Coutinho menyebutkan bahwa hal ini sangat mungkin terjadi karena faktor makanan yang dikonsumsi saat makan siang. Bisa juga karena Anda makan dengan porsi yang berlebihan dan menjadi kekenyangan.


"Ketika Anda makan lebih banyak dari jumlah yang diperlukan tubuh, maka gula darah akan meningkat tajam. Saat ini terjadi, pankreas pun akan menghasilkan lebih banyak insulin. Dengan sekresi peningkatan insulin, tubuh memproduksi hormon rileks yang memicu rasa kantuk," tutur Coutinho.


Hormon-hormon tersebut di antaranya serotonin dan melatonin. Ya, seperti diketahui melatonin merupakan hormon pemicu rasa kantuk dan akan membuat Anda ingin tidur lelap.


Selain porsi berlebihan, makan terlalu banyak makanan tinggi karbohidrat juga bisa membuat Anda menjadi ngantuk, terutama karbohidrat sederhana. Saat makan makanan tinggi karbohidrat, sistem pencernaan menggunakan 60-75 persen dari energi tubuh untuk mencerna makanan. Karena ini, tubuh akan mengalihkan banyak energi dari bagian lain di tubuh Anda untuk kerja sistem pencernaan.





"Hal ini membuat Anda merasa mengantuk, karena tubuh menghabiskan terlalu banyak energi dalam mencerna makanan. Bukan hanya makanan tinggi karbohidrat, makan berlebihan makanan tinggi protein juga bisa memberikan efek yang sama," kata Coutinho.



Untuk mencegah hal ini terjadi, hindari makan dengan porsi berlebihan dan hindari juga memilih menu tinggi kalori untuk makan siang. Semakin banyak porsi yang Anda konsumsi, semakin banyak energi tubuh yang akan digunakan untuk mencernanya. Biasakan untuk mengonsumsi camilan jika masih lapar di sela waktu makan.


-->

Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

Memilih Asuransi Mobil