Begini Efek Nekat Menerobos Banjir Pada Mobil



Negara kita merupakan negara tropis dengan 2 musim sepanjang tahun, yaitu musim panas dan musim hujan. Saat memasuki musim hujan, antisipasi kerap kita buat untuk menghindari dampak dari air hujan yang terus menerus turun.

Dampak yang terjadi salah satunya adalah pada mobil kita. Di beberapa kota, drainase kota yang kurang baik mengakibatkan genangan air hingga banjir yang kerap melanda sudut kota. Saat banjir melanda ini, terkadang demi satu-dua kepentingan beberapa dari kita nekad untuk menerobos banjir menggunakan kendaraan bermotor hingga mobil, hal tersebut sering ditemui namun apakah kita sudah mengetahui dampak yang terjadi pada mobil jika kita tetap nekat menerjang air banjir dan genangan?

Berikut kami paparkan efek yang bisa timbul akibat nekat mengorbankan mobil kita untuk menerjang banjir:

1.    Mogok di jalan

Saat mobil melintasi genangan, hal yang paling mungkin terjadi adalah air yang masuk ke ruang bakar atau terjadi hubungan pendek arus listrik. Akibatnya, mobil pun tidak dapat dijalankan alias mogok.

Momen seperti ini tentu sungguh merepotkan bagi pemilik mobil karena harus meminta orang lain untuk bantu mendorong atau bahkan menghubungi mobil derek. Kita terpaksa akan keluar uang saat menderek mobil atau ketika meminta bantuan orang lain.

Apesnya, jika mobil mogok di tengah genangan tanpa ada orang lain yang melintas atau tidak memiliki cukup uang untuk meminta jasa mobil derek, Kita terpaksa harus meninggalkan mobil di jalan untuk sementara.

2.    Mesin rusak setelah berhasil terobos banjir

Sukses menerobos genangan air seperti banjir Jakarta bukan berarti tanpa risiko. Bisa saja beberapa komponen mengalami kerusakan ketika terendam air dalam beberapa waktu.

Adapun komponen mobil yang rentan rusak akibat menerabas banjir antara lain bearing roda, rem, dan kaki-kaki. Kotoran lumpur dan karat yang berasal dari genangan dapat menghambat putaran roda dan dampak yang paling parah yakni roda dapat terkunci dan mobil tidak dapat berjalan, demikian dilansir dari Stpoil, selasa.

Kalau sudah begini, kerugian akibat kerusakan part-part ini akan besar dan terpaksa harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah hanya karena satu kejadian yang sebenarnya dapat kita hindari dengan tidak menerjang banjir tersebut.

3.    Harga Jual Terancam Anjlok

Mobil yang sudah pernah menerjang banjir hampir dapat dipastikan akan mengalami penurunan harga dan performa yang cukup signifikan. Untuk itu harga yang akan kita dapatkan saat kita berniat untuk menjual kembali akan berada dibawah harga pasar.

Selain itu, tidak semua pemilik showroom mobil bekas mau menerima mobil dengan kondisi pernah menerjang banjir. Hal ini merupakan hal yang wajar dikarenakan performa mobil yang sudah menurun akibat terendam air. Syukur-syukur tidak mengalami water hammer.


Itulah beberapa akibat yang dapat terjadi saat kita nekad untuk menerjang banjir menggunakan mobil. Ada baiknya untuk lebih berhati-hati dan gunakanlah angkutan public guna kenyamanan dan kemanan kita berkendara saat musim hujan tiba.

Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

10 Finalis #OOTDperwiraramadhan2017

BULAN PRIMADONA | #tambahanTHR Yulius Kristiandi