MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee
 

Hai! Saya Angga. Saya akan berbagi cerita kepada kalian tentang pengalaman saya saat menjadi Management Trainee (MT) di Mandiri TunasFinance.  Ready? Let’s begin.
Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, nama saya Angga Prastyo. Saya lulus dari kuliah pada tahun 2015 dari Fakultas Ekologi Manusia di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Sebagai seorang yang tidak ingin menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, kehidupan kuliah saya disibukkan dengan kegiatan organisasi dan kepanitian, dan yang pasti akademik tetap menjadi yang utama. Lulus dengan predikat yang cukup membanggakan, menjadikan bekal saya untuk memperoleh pekerjaan saya inginkan. Keinginan saya adalah dapat memperoleh karir yang baik diusia muda, sehingga saya memutuskan untuk melamar pekerjaan diperusahaan yang membuka program Management Trainee (MT).
Singkat cerita, saya melamar sebagai MT diMTF di suatu JobFair yang cukup besar. Dari mulai panggilan interview pertama sampai dengan interview akhir, memakan waktu cukup lama, kira-kira hampir 1.5 bulan. Terdapat tiga proses yang harus saya jalani, yaitu interview pertama dan psikotes, kemudian interview kedua dan presentasi dengan user (Senior Manager MTF), dan yang terakhir adalah interview dan presentasi dengan seluruh Direksi MTF. Menegangkan memang, but it was so much fun and I got a lot of experience. Pengumuman penerimaan diumumkan saat itu juga setelah presentasi dengan direksi selesai. Alhamdulillah saya dinyatakan lulus dan diterima sebagai MT MTF batch 2.

Oh iya, mengapa saya memilih MTF? FYI, MTF saat ini merupakan salah satu perusahaan multifinance terbesar di Indonesia yang terus berkembang. Dengan usia perusahaan yang tergolong masih sangat muda, dan dengan potensi yang dimiliki MTF, saya percaya bahwa MTF merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan dan memperoleh jenjang karir yang baik.
Program MT pun dimulai, dihari pertama kerja ditahun 2016. Bersama dengan 23 orang teman-teman MT lainnya yang berasal dari berbagai kampus dan daerah. Program MT yang harus kami lewati yaitu selama 1 tahun. Dimana 4 bulan kegiatan dikelas, belajar seluruh core business dan support di MTF, kemudian orientasi di cabang dan kantor pusat selama 2 bulan dan on the job training (OJT) selama 6 bulan. Selama dikelas banyak hal baru yang dipelajari, menambah skill dan pengetahuan baru. Mendapatkan pengajar yang luar biasa hebat, baik dari dalam internal MTF maupun dari ekternal.
Saya mendapatkan kesempatan OJT di MTF Pontianak sebagai acting Credit Head. Itu adalah pengalaman pertama saya menginjakkan kaki di Pulau Borneo. Selama OJT, para MT diharuskan membuat suatu project atau improvement yang dapat memberikan nilai tambah untuk perusahaan. Itu adalah bagian dari penilaian dari program MT yang akan disampaikan saat final presentation.
Setelah final presentation dengan direksi dan dinyatakan lulus, kemudian saya ditempatkan di Divisi Strategic Partner & Marketing Communication (SPM) sebagai Strategic Partner Section Head. Tanggung jawab saya saat ini adalah melakukan initiative business baru yang dapat meningkatkan profit bagi perusahaan. Selain itu menjalin relasi dengan berbagai macam perusahaan untuk bersinergi dengan kegiatan Marketing Communication di divisi saya. Ini merupakan tantangan baru bagi saya karena pekerjaan saat ini sangat berbeda dengan apa yang saya lakukan ketika OJT. Hal tersebut menjadi motivasi saya untuk terus berkembang dan mengimprove diri supaya dapat berkontribusi maksimal untuk kemajuan MTF. Terlebih dengan suasana dan rekan-rekan divisi yang sangat menyenangkan, saya merasa bersyukur berada di divisi ini. I thankful to be here and I’m so glad to have them.

Sekian cerita dari saya, semoga dapat menginspirasi. Terima kasih J


Comments

  1. Bagi-bagi cara tips biar sampai ketrima di MTF

    ReplyDelete
  2. Waktu presentasi dan interview user pertanyaannya sekitaran apa mas?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memilih Asuransi Mobil