5 Tips Sederhana Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

5 Tips Perawatan Mobil Sederana Saat Musim Hujan



Negara kita merupakan negara tropis yang memiliki 2 musim, musim kemarau dan musim hujan. Dengan adanya dua musim yang extreme ini, kita memiliki beberapa permasalahan yang unik dan berbeda dari negara lain salah satunya adalah pada perawatan mobil kesayangan.

Kebanyakan dari kita hanya mengetahui aturan dalam berkendara di saat hujan seperti menyalakan lampu, menggunakan wiper dan memperlambat laju kendaraan. Namun selain mengetahui bagaimana aturan saat berkendara kita juga harus melakukan perawatan spesial, karena mengendarai mobil dalam keadaan basah, sangatlah berbeda dari kondisi kering dan kondisi lembab-basah karena hujan juga mempengaruhi kondisi kendaraan kita.

Berikut 5 tips perawatan mobil saat musim hujan tiba seperti yang sudah dikumpulkan oleh tim MTF:

  •       Jangan Malas Mencuci Mobil


Terkadang kita malas untuk memcuci mobil saat musim hujan datang karena saat digunakan akan kembali kotor terkena lumpur dan lainnya. Namun taukah anda bahwa air hujan membawa zat asam dan kotoran polusi lainnya yang dapat membuat kusam cat dan logam pada mobil.

Hal ini dapat dihindari dengan menjaga kebersihan body mobil anda, saat mencuci ada baiknya untuk membilas mobil dengan air bersih atau mengelap dengan kain microfiber untuk menghilangkan kotoran dari sisa air hujan. Lakukan dari atas ke bawah menggunakan produk pembersih yang cocok dengan kualitas cat dan mobil anda.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri, maka pilihlah car wash yang baik dan memiliki kualitas pencucian dan pelayanan terbaik.

  •       Lakukan pemerikasaan pada ban


Saat jalan dipenuhi air dan kubangan, pastikan ban mobil anda memiliki kondisi yang baik, mengurangi sedikit tenanan angin pada ban akan membuat sisi ban menapak lebih lebar dan meminimalisir slip saat melakukan pengereman.

Putaran dan gesekan ban yang terjadi pada permukaan yang basah menjadi tidak stabil dan dengan melakukan hal ini dapat meminimalisir accident, tentunya juga dengan tetap menjaga kecepatan anda saat berkendara.

  •       Rawat wiper


Selama musim hujan, wiper akan bekerja lebih keras oleh karena itu perhatikan kondisi wiper anda berkala, lakukan pengecekan juga pada cairan pencuci dan karet yang tertempel pada wiper.

Pada umumnya air hujan akan menimbilkan bercak pada kaca mobil, jika karet yang menempel pada wiper sudah aus maka lakukan pergantian untuk memaksimalkan sapuan pada kaca tanpa meninggalkan bercak yang akan sulit untuk dibersihkan saat mengering.




  •       Periksa lampu dan lampu rem belakang mobil anda


Lampu depan, belakang dan rem memiliki penanan yang sangat penting untuk keselamatan berkendara saat musim hujan. Tidak hanya sebagai penerang saat jarak pandang terbatas karena hujan, namun juga sebagai penanda posisi dan jarak aman anda dan pengemudi lain.

Pastikan lampu rem juga berfungsi dan mengeluarkan cahaya lebih terang untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi dibelakang mobil anda. Pada cuaca lembab dan basah akan menyebabkan lampu mobil menjadi sedikit kabur dikarenakan perbedaan suhu diluar dan didalam kaca yang mengakibatkan kabut berkumpul pada dinding lampu bagian dalam.

Selain itu, sering kita temui lampu mobil mati pada satu sisinya, dengan jarak pandang terbatas pengendara lain bisa saja mengira anda mengendarai motor. Hal ini akan membahayakan kedua pengendara itu sendiri. Segera ganti lampu mobil anda yang mati dan bersihkan kabut yang menempel.

  •        Lakukan servis berkala



Lakukan servis berkala pada bengkel resmi untuk mengecek laik jalan mobil, anda dapat meminta montir untuk melakukan pengecekan mendetail seperti pada electrical part mobil anda, dan pastikan tidak ada rembesan air agar tidak terjadi konsleting listrik.






Itulah 5 tips sederhana untuk mempersiapkan mobil kita siap untuk dijalankan pada jalanan yang basah akibat hujan dan Sahabat MTF, tetap drive safe saat berkendara untuk keselamatan kita sendiri juga orang lain.






Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

10 Finalis #OOTDperwiraramadhan2017

BULAN PRIMADONA | #tambahanTHR Yulius Kristiandi