Tips Traveling ke Singapura




Tips Traveling ke Singapura

Singapura, begitu kita mendengar kata tersebut banyak hal yang terlintas dikepala kita. Singapura sendiri berhasil mengubah wajah negaranya dari sebuah negara kecil yang hampir tidak memiliki apapun untuk menjadi sebuah negara maju telah berubah menjadi negara maju pertama di Asia Tenggara berkat kelihaian dalam mengelola negara menjadi pusat wisata dunia.
Singapura menjadi destinasi luar negeri dengan persentasi terbesar yang dikunjungi sebagian besar orang Indonesia. Alasannya selain jaraknya paling dekat di Negeri Singa itu memiliki beragam tempat menarik untuk dikunjungi baik tata kotanya yang modern, arsitektur bangunannya yang futuristik, pusat perbelanjaan yang besar dan lengkap, transportasi MRT, LRT dan bus yang tertata rapih, acara hiburan yang menarik, taman suaka marga satwa yang keren tempat untuk melihat panda yang lucu, aquarium terbesar di dunia, serta arena taman bermain seperti Universal Studio di Sentosa Island yang seru.
Nah Sahabat MTF, bagi kamu yang baru sempat ke Singapura berikut beberapa tips yang wajib diketahui biar perjalanannya lancar tanpa hambatan.

  • Tuker Rupiah ke Singapore Dolar (Rp to SGD)


Uang yang berlaku dan diterima di Singapura cuma Singapore dolar, tukerin dulu tuh Rupiahnya ke Bank atau Money Changer. Milih-milih tempat penukeran uang juga kudu dicermatin guys, pilih money changer yang memiliki rate jual yang bagus jangan sampai kamu tukerin di MC A dengan rate Rp 9.600 eh temen kamu nukerin di MC B dengan race cuman Rp 9.515 sayang kan selisihnya guys.

  • Cari Info Terkait Makanan, Penginapan dan lainnya


Excited sih memang kalau ngomongin jalan-jalan apalagi ke Singapura, tapi jangan sampai kamu jadi lupa untuk mempersiapkan persediaan isi dompet dan ATM kamu.
Kalo kamu tipe backpackers, searching dulu tempat-tempat makan hemat dan enak seperti di kampong glam di Hajilane atau di Mustofa St. selain itu di kawasan ini kamu juga bisa melipir cari oleh-oleh dengan adorable price tentunya.

Tapi kalo kamu mau shopping barang branded, Singapore juga tempat yang cocok buat kamu, pusat perbelanjaan yang menyediakan merk tertentu selalu ada di kiri – kanan jalan.




  • Siapkan Dokumen Perjalanan

Passport merupakan kebutuhan wajib saat kita traveling namun perlu diperhatikan untuk kamu yang belum memiliki passport, buatlah passport yang 48 halaman untuk umum karena passport 24 sudah bersifat tidak umum dan hanya digunakan untuk alasan-alasan tertentu. Selain itu dalam penulisan nama, pastikan kamu memiliki nama dengan 2 suku kata hal ini diperlukan agar kamu tidak kesulitan dan tidak menjadi masalah dikemudian hari saat berada di imigrasi negara tujuan.
Pengalaman penulis, ada salah satu teman yang hanya memiliki nama dengan satu kata dan terpaksa dia harus diinterogasi dulu di kantor imigrasi Singapura. Kalo nama kamu memang terdiri dari hanya satu suku kata, gunakan nama belakang orang tua laki-laki pada belakang namamu saat pembuatan passport sebagai nama belakang, malahan kalau kamu berkunjung ke negara timur tengah kamu wajib memiliki tiga nama pada passport kamu.

  • Mengisi Kartu Imigrasi Kedatangan & Keberangkatan

Apabila kamu pergi ke Singapura dengan pesawat terbang umumnya ketika dalam penerbangan pramugari/ pramugara akan memberikan selembar kartu imigrasi disembarkation/embarkation card yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Singapura.
Pesan penulis adalah isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap, sekali lagi dengan lengkap termasuk dimana kamu tinggal selama di Singapura. Mengapa? Agar ketika kamu nanti hendak di cek di pos imigrasi untuk di cek paspornya tidak mengalami kendala. Hal ini yang kerap kali saya temui ketika ke Singapura dimana beberapa orang tidak mengisi kartu tersebut dengan lengkap sehingga membuat antrean menjadi terhenti dan menjadi lama. Ingat, negara orang tidak bisa “cincay” seperti kebiasaan kita disini.

  • Pelajari Peta Transportasi Umum

Hampir semua tempat populer Di Singapura dapat dicapai dengan transportasi umum baik MRT, monorail maupun bus umum. Setelah mendapatkan peta dari bandara Changi pelajarilah dengan seksama jalur mana yang hendak kamu pilih dan di stasiun MRT mana sebaiknya kamu transfer atau bertukar kereta.

  • Bawa Tumblr atau Botol Air Minum

Di Singapura air minum bisa dikatakan mahal harganya, jadi apabila kamu memiliki budget terbatas tidak ada salahnya untuk membawa botol minum dari Jakarta kemudian dapat diisi di beberapa tempat air minum gratis yang tersebar di beberapa titik di Bandara Changi Singapura. Lumayan bisa menghemat beberapa dollar.

  • Taati tata tertib, budaya dan kebiasaan setempat

Singapura adalah negara maju yang masyarakatnya patuh terhadap aturan dan hukum. Saat kamu hendak menyeberang jalan, pastikan kamu menyeberang ditempat yang disediakan, lihat traffic lightnya menyeberanglah saat lampu tanda pejalan kaki hijau. Selama penulis beberapa kali mengunjungi Singapura, tidak pernah bertemu dengan orang yang menyeberang jalan tidak pada zebra cross yang disediakan, betapa malunya kalau kamu bawa kebiasaan “cincay lah” ini di negeri orang yang notabanenya sangat tertib terhadap peraturan.
Hal yang sama juga berlaku untuk para perokok, merokoklah disudut-sudut yang sudah disediakan, jangan pernah kamu merokok disembarang tempat kalau tidak mau ditegor warga setempat syukur –syukur kalau kamu gak didenda.

Nah Sahabat MTF, semoga tips ini berguna dan bagaimanapun juga sebenarnya tanpa harus keluar negri lebih nikmat dan bermanfaat kalau kita jelajahi dulu Indonesia kita tercinta, Indonesia itu luas, beragam dan tidak kalah menarik dari negara –negara lain. 



Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

Memilih Asuransi Mobil