FIT FRESH AND FUN DURING FASTING

Posted


Sahur.....sahur.....
sahur.....sahur.....

Hallo perwira MTF.... kira-kira apa nih yang ada dibenak kawan-kawan ketika mendengar kata “sahur”? Yups! Betul banget, puasa. Bagi sebagian besar orang khususnya umat Islam, istilah puasa mungkin bukan hal yang asing lagi terdengar di telinga. Apalagi di bulan suci ramadhan ini, umat muslim di seluruh penjuru dunia melaksanakan ibadah puasa. Lalu, apa sih sebenarnya puasa itu?

Puasa adalah salah satu bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT yang dilakukan dengan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, bersetubuh di siang hari, dll dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Puasa merupakan salah satu rukun Islam, bahkan di bulan ramadhan hukum menjalankan ibadah puasa adalah wajib bagi siapa saja yang telah memenuhi syarat wajib puasa. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

Selama menjalankan ibadah puasa, lebih dari 12 jam tubuh kita tidak menerima asupan makanan ataupun minuman, sehingga membuat tubuh terasa lemas. Bener gak kawan-kawan? Hal ini seringkali menjadi alasan seseorang untuk bermalas-malasan saat bekerja. Akibatnya, produktivitas kerja pun bisa menurun. Kondisi seperti ini tentunya tidak boleh dibiarkan. Jangan sampai uang THR yang kawan-kawan terima sekaligus uang pesangon deh dari kantor. Naudzubillah.... Nah, kalau tidak mau itu terjadi, berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk para perwira MTF agar tubuh tetep fit, fresh and fun selama berpuasa.

Puasa merupakan ibadah yang memberikan banyak manfaat bagi yang menjalankan. Selain sebagai amal ibadah untuk bekal kita di akhirat, banyak penelitian yang membuktikan bahwa puasa dapat menyehatkan tubuh. Namun tentunya puasa yang dilakukan harus benar. Asupan nutrisi pada saat sahur dan berbuka menjadi salah satu faktor penting. Bukan hanya sunnah, makanan yang kita makan saat sahur menentukan kerja tubuh selama berpuasa. Usahakan memakan makanan yang kaya nutrisi. Tidak harus mahal kok, asalkan gizi seimbang dan kaya serat sehingga tubuh kita tetap fit seharian. Sebisa mungkin tidak memakan makanan yang merugikan diri sendiri dan orang lain ya, makan teman misalnya.

Setelah santap sahur dan shalat subuh, alangkah lebih baiknya kita tidak melanjutkan tidur. Hal ini dikarenakan tubuh kita sedang mencerna makanan yang kita makan tadi. Sambil menunggu waktu untuk berangkat kerja, banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan misalnya streaming video motivasi dari Mario Teguh di youtube, bisa juga dengan olah raga basket seperti halnya aktor tampan Mario Lawalata, atau bermain game Mario Bros untuk mengasah otak di pagi hari.


            Gambar 1. Suasana kantor yang menyenangkan di MTF Tangerang 2 dan MTF BSD

Sesampainya di tempat kerja, mulailah bekerja dengan doa, niatkan bekerja untuk beribadah dan lakukan lah pekerjaan seperti biasanya. Sobat perwira tentunya sudah gak khawatir lagi dengan kondisi pencernaan karena sudah memakan makanan yang tepat saat sahur. Saat jam istrahat tiba, manfaatkan waktu untuk merelaksasi tubuh. Lakukan lah dengan cara duduk santai di kursi kerja, luruskan kaki dan tangan kalian, letakkan kepala pada sandaran kursi, renggangkan otot-otot yang kaku, pasang earphone dan nyalakan lagu-lagu yang membawa nuansa tenang akan membuat kalian fresh kembali. Ebiet G Ade, George Michael, Michael Buble, Whitney Houston atau mungkin BTS boleh juga dimasukan ke list lagu kalian.

Apabila bel pulang sudah berbunyi dan tidak ada pekerjaan yang harus dikerjakan lagi, sobat perwira bisa pulang dan melakukan aktivitas lain di sisa jam puasa. Bagi yang sudah berkeluarga, tentunya berkumpul dengan keluarga menjadi fun moment. Cobalah lakukan hal yang berbeda bersama keluarga, misalnya mengajak keluarga untuk jalan–jalan di sore hari dengan mobil yang pembiayaannya menggunakan MTF dan dilanjutkan dengan berbuka puasa di luar rumah. Bagi kalian yang masih single, tidak usah khawatir. Handphone kalian pasti akan rame dengan chat di group alumni dari SD sampai kuliah. Survey pribadi membuktikan kebanyakan mereka membahas acara buka puasa bersama. Nah, boleh juga tuh dijadikan alternatif untuk membuat hari-hari anda lebih menyenangkan karena bisa bernostalgia dengan kawan lama. Selain itu, membuat agenda buka puasa bersama dengan rekan kantor juga dapat menjadi ide bagus untuk kalian semua.


Gambar 2. Buka puasa bersama karyawan MTF Tangerang 2 dengan Bapak Harjanto

Setelah menjalani aktivitas padat seharian, tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup. Batasi waktu stalking istagram mantan hanya sampai jam 10 malam. Setelah itu tidurlah agar tidak terlambat bangun sahur dan dapat menjalani aktivitas keesokan harinya dengan lebih fit, fresh and fun.

Demikianlah tips yang dapat dijadikan referensi bagi perwira MTF di seluruh nusantara. Semoga bermanfaat dan semoga puasa yang telah kita lakukan diterima sebagai amal ibadah. Sucikan hati, luruskan niat, semangat bekerja, semangat perwira MTF…….



Penulis: Riyan Ikhramullah
Jabatan : Staf Asuransi
Unit: MTF Cabang Tangerang 2




Blog, Updated at: 4:20 AM

0 comments:

Post a Comment

Video MTF

Powered by Blogger.

Produk Bebas Angsuran

Contact us