4 Kebiasaan Pemilik Mobil Baru


Sahabat MTF, membeli mobil baru merupakan salah satu kebahagiaan bagi sebagaian orang, bagi pecinta otomotif sudah pasti sedikit banyak mengetahui treatment apa yang harus dilakukan kepada mobil baru kita.

Ya, meskipun mobil baru, terdapat treatment tersendiri untuk mobil agar umur mobil dapat menjadi long-lasting juga tidak membuat si pemilik menjadi terlihat “norak” dengan mobil barunya.

Apa aja sih kebiasaan pemilik mobil yang umumnya terjadi disekitar kita? Berikut ulasannya:

1.     Plastik Jok Mobil Masih Utuh
Udah lebih dari 2 bulan semenjak kamu beli mobil tapi plastik jok mobil kamu masih nempel? Hmmm, kebiasaan satu ini kadang tujuannya baik sih untuk melindungi jok baru, tapiiii justru hal ini membuat interior mobil kita terkesan jelek dan tidak terawat.

Hal yang lebih tepat jika ingin memiliki jok mobil yang awet dan bersih adalah dengan mengganti bahan jok menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Selain itu, dengan menambah variasi ini tentunya akan meningkatkan level kegantengan dan kecantikan interior mobil baru dong, jadi makin pede dan keren deh hehe.

2.     Cuci Mobil Baru Hampir Setiap Hari
Wah kebiasaan ini baik banget sih tujuannya, biar mobil selalu kinclong. Namun sahabat MTF, terlalu sering memncuci mobil justru akan mempengaruhi warna cat mobil.

Kebiasaan terlalu sering mencuci mobil ini membuat mobil kita lebih rentan terhadap Jamur dan lainnya. Belum lagi nanti efek “guyuran air” ini juga mengakibatkan kelembaban pada komponen – komponen pada mobil seperti mesin dan komponen suspensi mobil.

3.     Mobil Jadi Mading Stiker
Memasang stiker pada mobil sering jadi pilihan banyak pemilik mobil, dengan tujuan untuk mempercantik tampilan mobil atau dengan alasan memasang stiker untuk melindungi cat asli bawaan pabrik.

Tapi, jangan asal menempelkan stiker, Anda juga perlu memperhatikan ketika body mobil sudah ditempel stiker dalam waktu lama. Kebanyakan orang akan menunggu hingga bosan bahkan lupa dan terlalu malas untuk menggantinya, sementara itu jika stiker menempel terlalau lama, bisa menimbulkan korosi pada cat mobil. Selain itu, bahan perekat stiker juga akan semakin menyatu dengan pernis. Akibatnya, ketika stiker dilepas, pernis, dan cat mobil bisa ikut terkelupas.

4.     Memanaskan mobil terlalu lama
Mobil zaman dulu, perlu dipanaskan selama sekitar 5 sampai 10 menit supaya pelumas bisa menyebar merata.
Mobil saat ini, sudah dilengkapi teknologi injeksi, yang suplai bahan bakarnya diatur oleh Engine Control Unit (ECU). Dengan demikian ECU secara otomatis akan mengatur campuran bahan bakar sehingga mesin tidak tersendat saat dijalankan dalam kondisi dingin.
Oli pelumas mesin sekarang juga diproduksi dengan teknologi tinggi sehingga lebih cepat menyebar dan mampu melumasi bagian mobil hingga ke celah kecil dalam mesin.





Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

Memilih Asuransi Mobil