Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengganti Velg Mobil





Sahabat MTF pencinta otomotif, bagi sebagian orang mengganti velg ban mobil bawaan pabrik dengan velg yang lebih sporty, elegant dan gaul merupakan hal yang lumrah bahkan wajib agar terlihat berbeda.

Namun tahukah bahwa mengganti velg bawaan pabrik tidak "asal" ganti dengan velg yang disuka, karena tidak semua velg cocok dengan mobil kita, perhatikan beberapa hal berikut:

1. PCD (Pitch Circle Diameter)

PCD (Pitch Circle Diameter) ada yang menyebutnya Pitch Circle Diameter dan ada juga yang menyebutnya Pitch Centre Diameter, namun pada intinya sama saja, karena PCD itu adalah jarak antara lubang baut satu dengan yang lain pada satu garis lurus dari diameter lingkaran tengah lubang baut velg.Ukuran PCD ini sangat penting untuk diperhatikan, karena jika PCD velg tidak sesuai dengan spesifikasi ukuran pabrikan, maka velg itu tidak dapat terpasang pada mounting velg di mobil, terkecuali telah dilakukannya modifikasi ukuran PCD seperti yang banyak dilakukan para maniak modifikasi dengan bantuan tukang bubut

2. Offset

Offset merupakan jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting velg pada kaki-kaki mobil. Nilai atau ukuran offset memang menentukan jarak keluar atau masuknya bagian depan velg dari fender mobil, ini karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting pada kaki-kaki mobil.




3. Ukuran Diameter Dan Lebar

Berikutnya, selain dari pada ukuran PCD dan offset velg, kita juga harus memperhatikan ukuran diameter dan lebar velg yang akan dipilih. Karena tiap mobil memiliki ukuran diameter dan lebar velg maksimal. Oleh karena itu sebaiknya tanyakan dengan si penjual velg karena mereka pasti lebih mengetahui batas maksimal yang aman.

Yang terpenting jika ingin mengganti velg atau melakukan up size velg, kita harus menyesuaikannya sesuai dengan karakter mobil, bukan mobil yang harus menyesuaikan kemauan kita ya #SahabatMTF

Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

Memilih Asuransi Mobil