Mengatur Rumah Agar Mudah Dibersihkan



Sahabat MTF, bagi sebagian orang membersihkan rumah seakan pekerjaan berat. Saat kita tidak lagi memiliki tenaga akibat lelah bekerja di kantor hingga larut malam membuat aktifitas membersihkan rumahpun menjadi terabaikan.

Akibat dari itu, banyak area yang dapat tertutupi debu. Sebenarnya tanpa bantuan Asisten Rumah Tangga (ART) pun kita dapat dengan mudahnya membersihkan rumah sendiri. Semuanya tergantung dari cara kita mengatur perabotan dirumah. Caranya gimana? Yuk simak tips yang disadur dari rumah.com berikut ini.


  • Kurangi Pembatas Ruangan
Akan lebih baik jika kita menggunakan konsep ruangan terbuka. Rumah dengan ruangan terbuka akan mengurangi banyak sudut dinding. Pasalnya, area sudut dinding inilah yang paling sering menjadi area yang susah dibersihkan sehingga membuat debu bertumpuk di area tersebut.

  • Simpan Barang Yang Tidak Digunakan
Untuk beberapa barang yang jarang kita gunakan, misalnya peralatan makan, perabotan berbahan kain, serta tas atau sepatu yang jarang dipakai sebaiknya simpan didalam lemari tertutup serta jangan lupa untuk menambahkan gel silika.

Terlalu banyak barang di ruang terbuka akan membuat debu masuk kedalam celah tersebut dan menimbulkan kesan berantakan dan kumuh.


  • Usahakan Tidak Terlalu Banyak Barang
Jika memang ruang keluarga anda mungil, tak perlu menggunakan banyak sofa diruangan tersebut. Cukup gunakan satu sofa yang dapat memuat dua atau tiga orang dan sisanya kita bisa menggunakan karpet dengan bantal sebagai tempat duduk, selain itu hal ini pun menambah kesan futuristik ruangan keluarga anda.

Sofa butuh untuk divacum 2 minggu sekali untuk mencegahnya dihinggapi Tungau. Daripada kita kelelahan membersihkan beberapa sofa sekaligus, lebih baik cukup satu sofa kan?.

  • Meja Kosong Lebih Baik
Jangan menyimpan seluruh barang kita di meja. Buku, alat tulis, alat kerja dan peralatan lainnya sebaiknya disimpan dalam laci atau rak khusus untuk perlengkapan ini.

Meja makan pun sebaiknya tetap kosong jika tidak digunakan, jadi jangan menyimpan Baki yang berisi obat, atau piring kosong atau peralatan makan lainnya di atas meja makan jika tidak digunakan. Letakan piring pada rak piring, Taruh obat pada kotak obat sendiri, agar meja tidak terlihat berantakan dan penuh. Percayalah saat meja makan terlihat berantakan, kita akan semakin merasa frustasi dan malas untuk membersihkannya.

  • Berbagi Tugas Untuk Setiap Ruangan
Ini paling penting, kita tidak mungkin membersihkan rumah sendiri saja . Berbagilah dengan anggota keluarga lainnya. Minimal mereka membersihkan area kamar mereka sendiri.

Lalu buatlah pembagian kerja setiap minggu. Misal pasangan kita membersihkan ruang keluarga, sementara kita memberihkan dapur dan teras.

Dengan mengatur rumah sendiri, kita dapat menghemat biaya untuk tidak menggunakan ART, menjalin komunikasi dan interaksi terhadap anggota keluarga serta menjadi arena berolahraga rumah yang gratis :)

Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

10 Finalis #OOTDperwiraramadhan2017

BULAN PRIMADONA | #tambahanTHR Yulius Kristiandi