MENGENAL PUASA SEBAGAI SARANA PENYEMBUHAN DIRI & TIPS SEHAT BERPUASA | #tambahanTHR Elza Riani Fitri

Inspirasi ramadhan
Mengenal PuASA SEBAGAI SARANA PENYEMBUHAN DIRI & tips SEHAT BERPUASA 

Hai sahabat MTF, Bulan Ramadhan adalah bulan mulia yang penuh dengan berkah bagi semua umat yang beriman.
Yuk Mengenali  “Puasa sebagai sarana penyembuhan diri “
Penyembuhan tidak terjadi begitu saja, namun membutuhkan ketekunan dedikasi dan disiplin.
8 prinsip tasawuf sebagai kunci maju menuju tingkat yang lebih baik seperti yang dibahas dalam buku seni penyembuhan sufi karangan Linda O’Riordan,R.N , yaitu :
a.   Zirk (mengingat) ingat kepada Allah dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui doa, Zikir adalah proses pemurnian hati, pembersihan dan pelepasan dengan melantunkan lafaz-lafaz dzikir

b.  Fikr (berfikir,meditasi) adalah keadaan sadar tanpa  harapan atau kegiatan mental, sebuah perjalanan dari dunia eksternal menuju esensi diri.

c.   Sahr (Bangkit) membangkitkan jiwa dan tubuh, proses mendengarkan hati dan proses meraih akses menuju potensi diri yang tersembunyi

d.  Ju’i (merasa lapar) merasakan lapar hati dan pikiran untuk bertahan mencari dan mendapatkan kebenaran.

e.    Shumt (menikmati keheningan) berhenti berfikir dan mengatakan hal yang tidak perlu, ini adalah proses menenangkan otak dan lidah juga beralih dari godaan ekternal menuju illahi.

f.   Shawn (puasa) memuaskan tubuh dan pikiran , proses ini termasuk puasa fisik, juga melepaskan diri dari hasrat dan keinginan otak serta persepsi indera eksternal. Proses ini adalah proses pembersihan dan regenerasi semua tingkat.

g.   Khalwat (bersunyi sendiri) berdoa dalam kesunyian baik secara eksternal maupun internal dan melepaskan diri.

h.     Khidmat (melayani) dengan menyatu dalam kebenaran pemimpin dan menyatu dalam kebenaran eksistensi.

Sahabat MTF, mari isi Ramadhan ini dengan kegiatan-kegiatan positif yang tentunya akan bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri, banyak kegiatan-kegiatan positif yang dapat kita lakukan diantaranya :

1.  Tadarus & perbanyak ibadah (salah satu prinsip tasawuf yaitu Zirk), bisa dilakukan dimanasaja, seperti yang dilakukan Perwira MTF mengawali aktifitas pagi hari dengan Tadarus, sholat dhuha dan sharing pagi.

 
  
2.     Melakukan kegiatan positif dengan “Berbagi Takjil Gratis”



Dan berbagai macam kegiatan positif lainnya yang bisa sahabat MTF lakukan untuk mengisi waktu selama berpuasa.

Namun untuk menunjang semua kegiatan positif tersebut dibutuhkan tubuh yang enegik sehingga tetap semangat dan bergembira meskipun sedang berpuasa.

Berikut beberapa tips yang dapat sahabat MTF lakukan, yaitu :

J  Atur pola makan dengan gizi baik saat sahur dan berbuka, hindari makanan yg mengandung lemak dan gorengan, konsumsi makanan yg kaya serat dan buah.



J Saat berbuka, berbukalah dengan yang manis hal ini bertujuan untuk  mengembalikan energy yang hilang dalam tubuh saat menjalani puasa, air putih, teh manis, jus buah,kurma. Jangan jadikan saat berbuka sebagai ajang balas dendam dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan.



J  Istirahatkan perut dengan beribadah sholat maghrib dan tarawih, setelah tarawih  usahakan makan makanan yg mengandung 5 unsur gizi lengkap yaitu protein,lemak,karbohidrat,vitamin dan mineral.

J  Jangan tidur setelah sahur karena tubuh butuh waktu untuk mencerna makanan yang disantap saat sahur, hindari mengganggu proses metabolism tubuh dengan memberi waktu jeda setidaknya 30 menit supaya tubuh bisa mencerna makanan sahur. Lebih baik isi waktu dengan ber- tadarus atau melangkah ke mesjid untuk sholat subuh dengan berjalan kaki, selain ibadah juga sambil berolahraga.

J  Bagi sahabat MTF yang tidak sempat berolah raga  dapat menyiasati dengan aktif bergerak dengan melakukan pekerjaan rumah tangga misalnya membersihkan rumah, menyapu halaman dan lain sebagainya bisa membantu membakar kalori.

J  Untuk meningkatkan energy dan metabolism tubuh serta mencegah dehidrasi selama berpuasa, sahabat MTF dapat menyiasatinya dengan mengkonsumsi Madu saat waktu sahur . Campuran air hangat dan madu bisa membantu untuk menambah cairan dalam tubuh Anda tetap terhidrasi dan energik sepanjang hari

Demikian semoga bermanfaat dan kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan gembira dan menyenangkan. “ Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”



Elza Riani Fitri
Operation Head
MTF Serang






Comments

  1. Inspiratif... Selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
  2. Inspiratif.. Keren kegiatan positifnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

10 Finalis #OOTDperwiraramadhan2017

BULAN PRIMADONA | #tambahanTHR Yulius Kristiandi