Artikel: Tips Awal Mempersiapkan Pernikahan

Posted

#SahabatMTF pertanyaan “Kapan Nikah” seakan menajadi kata yang ajaib dan selalu terucap disaat moment bersama keluarga. Bagi sebagian orang, menikah memang menjadi hal sangat serius, banyak pertimbangan dan persiapan yang harus dilakukan.

Pernikahan yang menyatukan 2 keluarga, 2 kebiasaan dan 2 kehidupan menjadi satu memang akan sangat mengubah kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama. Namun tidak dapat dipungkiri, melalui pernikahan pula terdapat kebiasaan baru yang lebih baik dari sebelumnya.



Untuk yang udah siapin jawaban ngeles, jawabannya sih bisa karang menyesuaikan kondisi dan keadaan sobat, namun bagi sabahat MTF yang sebenarnya memiliki niat dan keinginan untuk melaksanakan pernikahan mending simak tips berikut yuk:

1. Pasangan

Ini nih persiapan paling awal sekaligus paling penting. Ya gimana mau nikah kalau belum ada pasangannya sobat. Bahkan dalam agama islam, persiapan awal juga dikenal dengan nama ta’aruf dimana calon pengantin juga tetap wajib memiliki pasangan calon pengantinnya juga.

Kalau sahabat MTF masih sendirian, mungkin bisa mempersiapkannya dari sekarang yaitu dengan mencari pasangan yang cocok dan tepat untuk membina keluarga.

2. Mental

Hal no 2 paling utama adalah mental !!. Optimis didalam hati bahwa anda bisa melakukan ini dengan baik dan lancar, juga tanamkan dalam benak anda bahwa pernikahan adalah hal yang wajar dan dilakukan semua orang normal.

Berfikir bahwa jodoh adalah kuasa tuhan, dan berfikir bahwa hal ini adalah hal yang sudah dipersiapkan untuk anda sehingga pasangan yang ingin anda nikahi merupakah orang yang tepat. Hal ini guna memantapkan hati bahwa hal ini berasal dari tuhan sehingga anda bisa lebih percaya diri dan tenang.

3. Keluarga

Mengutarakan keinginan anda untuk menikah kepada keluarga tentu bukanlah sebuah hal yang mudah. Ketika tanggapan yang anda terima dari orang tua kandung, maupun orang tua calon pasangan berjalan tidak sesuai dengan rencana maka hal ini dapat dicari jalan keluarnya dengan berdiskusi dengan keluarga.

Dengan bantuan yang diberikan oleh keluarga akan membuat anda merasa lebih nyaman dan mengurangi beban , selain itu dengan link dan kenalan yang dimiliki keluarga juga akan membantu anda dalam mengatasi atau setidaknya meminimalisir kekhawatiran, permasalahan dan kekurangan yang ada.

4. Kemampuan keuangan

Mempersiapkan budget untuk moment spesial anda memang tidak lepas dari disiplin. Disiplin dalam menabung, disiplin dalam membatasi pengeluaran dan mengalihkannya pada tabungan.

Jika anda dibantu oleh orangtua dan keluarga dalam hal dana, maka bersyukurlah anda sudah mampu melewati satu stage yang selalu dipusingkan oleh semua calon pengantin.


Set dan aturlah budget anda dengan matang, persiapkan dan perhatikan pula dengan kenaikan harga yang terjadi setiap tahun baik dari jasa catering, gedung atau hal lainnya. Dengan mengatur target budget akan meminimalisir kebocoran dana yang tidak terduga, hal ini dibutuhkan agar pernikahan anda kelak menjadi lancar dan yang paling penting, agar kondisi keuangan anda dan pasangan menjadi baik  disaat sudah sah menjadi sepasang suami-isteri.


Blog, Updated at: 11:53 PM

0 comments:

Post a Comment

Video MTF

Powered by Blogger.

Produk Bebas Angsuran

Contact us