TIPS CERIA RAMADHAN | #tambahanTHR DINI SRI WULANSARI


Assalamualaikum Wr Wb.
Wah ga kerasa ya sudah masuk bulan suci ramadhan. Bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat islam diseluruh penjuru dunia. Di bulan ramadhan ini pintu-pintu surga dibuka begitupun dengan pintu ampunan. Maka dari itu inilah saatnya untuk kita berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala serta ampunan di bulan yang penuh rahmat ini. Dimana dalam bulan ini, kita diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Puasa sendiri bukan hanya untuk menahan haus dan dahaga, tetapi juga untuk menahan hawa napsu dalam diri kita. Agar puasa tahun ini lebih ceria, ada beberapa tips ramadhan yang bisa teman-teman ikuti :

1.Jangan lupa sahur
Kadang satu hal terpenting ini sering kali kita lupakan dalam bulan puasa. Padahal sahur itu penting loh. Selain itu, sahur juga merupakan ajang kumpul keluarga yang ga boleh terlewatkan. Saling bangunin satu sama lain, saling nyiapin makanan bareng dan makan sahur bareng.

Moment berharga ini yang akan selalu kita rindukan nantinya. Selama sahur, jangan lupa juga untuk makan makanan yang bergizi. Yang hobby makan makanan yang berminyak coba untuk dikurangi dulu ya. Lebih baik perbanyak makan buah dan sayur. Karena sahur itu bekal untuk kita menahan haus dan dahaga selama berpuasa. Dan yang penting jangan lupa minum air putih karena klo ga minum air putih nanti seret. *yaiyalah.

Selain penting, sahur merupakan makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu janganlah kita meninggalkannya sekalipun hanya dengan seteguk air. Karena sesungguhnya Allah dan para Malaikat bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur (HR.Ahmad)

2.Memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat
Selama bulan puasa, apapun yang kita lakukan akan menjadi ladang pahala buat kita loh. Bahkan walaupun kita cuma tiduran di atas kasur. Eitts...tapi hal tersebut jangan sampai dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ya. Coba manfaatkan waktu luang yang ada untuk menambah pahala.

Yang biasanya main handphone untuk main game atau update status. Coba deh sekarang download aplikasi Alquran di handphone. Jadi daripada nungguin balesan gebetan yang ga di bales-bales mending baca Alquran. Yang biasanya hobby bergosip atau kepoin mantan, coba tahan dulu ya. Mending dengerin ceramah aja di Youtube. Selain menambah pahala, kita juga jadi dapat ilmu agama yang lebih bermanfaat. Jadi kurang-kurangin yuk hal yang mubah dan fokus perbanyak melakukan hal-hal yang wajib dan sunnah.

3.Berpartisipasi dalam Acara Sosial selama bulan Ramadhan
Untuk ramadhan yang lebih ceria. Coba deh sesekali melakukan hal yang berbeda tahun ini. Coba untuk mengikuti acara sosial selama bulan Ramadhan seperti menjadi panitia bakti sosial, panita acara buka puasa bersama dengan anak-anak panti asuhan/panti jompo ataupun ikutan bazzar ramadhan.

Acara-acara seperti ini banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh loh. Kita jadi kenal dengan orang-orang yang sholeh dan sholehah. Kita jadi mengerti arti berbagi dengan sesama. Dimana hal yang kita anggap kecil, bisa jadi itu menjadi hal yang berharga untuk mereka yang membutuhkan. Berbagi seikhlasnya untuk mereka yang membutuhkan. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kita juga jadi lebih banyak bersyukur dalam hidup. Bahwasanya kita masih beruntung diberi kehidupan yang serba cukup.

Lihat tawa anak-anak kecil yang senang saat kita membagikan takjil, Uluran tangan-tangan keriput dari nenek dan kakek yang kita berikan pakaian. Kegiatan yang akan membuat kita sadar, bahwa hidup tidak selamanya berada diatas. Bahwa dengan berbagi bukan membuat kita kekurangan tapi justru akan membuka pintu-pintu rezeki kita lebih banyak. Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidaklah akan berkurang harta yang kita infaq/sedekahkan dengan ikhlas karena Allah, melainkan Allah akan menggantinya dengan berlipat ganda.”

4.Berbuka puasa secukupnya
Biasanya jam 5 sore ke atas perut sudah mulai berdemo untuk minta makanan. Eittss tapi tunggu dulu, daripada diem aja dan makin kerasa lapernya. Mending kita jalan-jalan sore sambil beli takjil. Inget loh, terkadang kita hanya lapar mata. Semua makanan terasa enak dan rasanya mau beli semuanya. Tapi ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi beli saja secukupnya. Dan yang penting, berbuka puasalah dengan yang halal, karena yang manis belum tentu mau dihalalin. *oke skip.

Tapi kalo kalian males buat keluar rumah, ngeliat jalanan macet dimana-mana sampe tukang jualan kolak pun udah ga keliatan lagi batang hidungnya karena ketutupan pembeli. Lebih baik kita buat takjil dirumah sendiri. Selain lebih hemat, kita juga jadi punya kesempatan untuk masak-masak bareng keluarga.

Saat adzan magrib berkumandang, jangan buru-buru langsung minum ya. Coba lebih khusyu dalam berdoa karena ada doa yang mustajab pada saat berbuka puasa. Lalu berbuka puasalah secukupnya. Agar pada saat kita mau melaksanakan sholat taraweh, perut kita tidak kekenyangan dan bisa lebih fokus dalam menjalankan ibadah.

Berbuka puasa juga bisa dijadikan kesempatan untuk silahturahmi dengan keluarga, kumpul bersama dan menikmati buka puasa bersama. Yang biasanya sibuk dengan kerjaan masing-masing, coba kini sempatkan sedikit waktu untuk pulang kerja lebih awal dan menikmati buka puasa bersama keluarga tercinta dirumah. Insya Allah, indahnya ramadhan akan lebih hangat dengan duduk disatu meja yang sama dengan keluarga dan menyantap hidangan rumah.

5. Jangan lewatkan sholat Taraweh dan tadarus
Sholat taraweh tentu sangat melekat di bulan Ramadhan. Sholat sunnah yang dikerjakan setiap malam sehabis sholat Isya. Alangkah baiknya sholat sunnah tersebut di kerjakan secara berjamaah di masjid ataupun di rumah. Ini juga merupakan kesempatan kita untuk mengajak anak, istri/suami dan sanak keluarga lainnya untuk melaksanakan sholat taraweh berjamaah.

Apalagi setelah sholat taraweh, kita bisa tadarusan bersama. Sungguh akan menambah nikmat dan berkah di bulan Ramadhan. “Barangsiapa yang melakukan qiyam ramadhan (yakni sholat malam pada bulan ramadhan) karena iman dan mengharapkan pahala dan ridho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan di ampuni”. (HR.Albukhari dan Muslim)

Nah sekian deh tips ceria ramadhan yang bisa saya share kepada teman-teman semua. Semoga puasa tahun ini bisa lebih ceria sehingga membawa berkah kepada kita semua ya.

Tetap semangat dan happy fasting, everyone!

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Created by DINI SRI WULANSARI (Custodian Staff) Cab.Cirebon

Comments

  1. Artikelnya bagus��jadi bisa tetap ceria saat ramadhan

    ReplyDelete
  2. Thanks tipsnya 😉 bermanfaat banget.. apalagi inget suka makan makanan berminyak hihi mulai sekarang, kudu kurangin banget demi puasa yg lbh afdhol aamiin thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

10 Finalis #OOTDperwiraramadhan2017

BULAN PRIMADONA | #tambahanTHR Yulius Kristiandi