Indahnya Ramadhan | #tambahanTHR Fitrah Kencana



Assalamualaikum Warahmatullahiwabarokatuh


Tulisan ini hanyalah sebagian pengalaman pribadi saya ketika sedang datang bulan Ramadhan (bulan puasa) yang Pastinya saya sebagai muslim Senang sekali dengan datangnya bulan yang penuh berkah dan magfiroh itu, ingat saya orang tua saya, guru ngaji saya dan Ustadz Zainuddin MZ yang paling ngetop banget di radio waktu saya kecil, hehe, menemani saat Magrib dan subuh diradio. Mereka Bilang kalau Ramadahn itu di bagi jadi 3 bagian , yaitu 10 hari pertama  adalah Rahmat, Karena Banyak sekali Rahmat yang Allah berikan pada 10 Hari pertama itu, kedua 10 hari pertengahan adalah Magfirah (pengampunan), dosa2 kita semua diampunkan kalau kita bisa memanfaatkan ibadah di waktu itu, terus yang 10 hari ketiga adalah bulan pembebasan dari api neraka, jadi Ramadhan yang 1 Bulan itu wajib kita manfaat kan sebaik mungkin dengan ibadah ibadah yang pahalanya berlipat-lipat dari bulan yang lain, sehingga tidurnya orang puasapun adalah bernilai ibadah di bulan ramadhan ini, tapi jangan tidur terus bisa batal juga kalau tidur sepanjang hari, hehe.

Kok jadi ceramah ya jadinya, oiya mengenai puasa tadi dari dulu banyak cerita lucunya, ingat waktu kecil, asal mau shalat, ketika mau ambil air wuduk, waktu kumur-kumur sengaja dilamain dan kadang-kadang sengaja di telan, terus mandi dilama-lamain, terus kalau ibu ama ayah ngak ada, minum air putih di dapur, terus bibir dikeringin lagi, macam-macamlah yang kalau diingat-ingat dan diceritakan ama orang tua sekarang, orang tuapun ketawa ngak nahan, kitapun kalau ingat suka senyum-senyum sendiri, parah banget masalahnya, hehe.

Oiya untuk yang berpuasa saya rasa tips yang di berikan Rasulullah SAW sudah mewakili seluruhnya (saya dengar dari utstadz juga, dan alhamdulillah setelah di jalani, Puasa enak-enak aja, ngak serasa puasa,  yang pertama tetapkan niat Puasa di bulan Ramadhan, ini yang sangat penting sekali dilakukan, niatkan, kalau ngak ada niat berpuasa, sekuat apapun kita pasti ngak bakalan kuat puasanya dan ingat niatnya karena Allah ya, jangan karena yang lain, hehe, yang kedua bangunlah lebih awal ketika sahur, tujuannya agar kita tenang makan sahurnya, jangan terburu-buru, ngak bagus untuk pencernaan kita, yang ke tiga perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh saat kita berpuasa, keempat jauhi godaan yang bakalan membuat rusak ibadah puasa kita, contoh makanan, minuman, rokok, lawan jenis, dan lain sebagainya, yang kelima Olah raga, tetap dong olah raga, tujuan agar kondisi badan lebih terjaga, tapi intensitasnya agak dikurangi, ngak seperti biasa, kalau seperti biasa, yah dijamin pasti batal, terus yang ke enam perbanyak ingat tujuan adanya Bulan Ramadhan itu apa?  Disini letaknya orang-orang ngak bakalan mau membatalkan puasa, sering-sering lihat kebawah, tujuan utama puasa itu sendiri selain ibadah kita kepada Allah dan Juga agar kita dapat sedikit merasakan betapa pahitnya hidup saudara kita yang hidupnya dibawah garis kemiskinan, kadang sehari makan dua hari menahan lapar, jika kita dapat merasakan itu semua insya Allah Puasa kita, tidak akan berani kita batalkan, semoga kita termasuk hamba2nya yang bertaqwa, aamiin.

Begitu Banyak Nikmat, Magfirah Bulan Ramadhan apabila kita bener-benar bisa memanfaatkannya dengan Baik, Puasa maknanya luas, intinya menahan diri, menahan nafsu, dari terbit matahari sampai terbenam matahari, semuanya di jaga, mata, telinga, mulut, hidung, tangan, kaki, semuanya harus dijaga menjadi baik, indahnya semua kalau kita benar-benar melaksanakan puasa, ngak ada orang yg menggunjing orang lain lagi, ngak ada yg mau dengar gunjingan lagi, ngak ada yang mau ribut-ribut lagi, karena semuanya harus di jaga.

Demikianlah kiranya curhatan saya, sebagian pengalaman saya, tips-tip yang bisa membuat kita menjadi indah, nyaman, bahagia, senang dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan ini, mudah-mudahan Puasa, amal ibadah kita semua di terima oleh Allah SWT , aamin ya Rabbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatu.

Fitrah Kencana 

Coll Head Cabang Ujung Batu

Comments

Popular posts from this blog

MTF Diary #1 Kisah Management Trainee

Memilih Asuransi Mobil